4.6.11

Proposal PI BAB 1

BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah

Seiring dengan berkembangnya teknologi dalam bidang komputer dan programming maka teknologi dalam dunia internet pun berkembang dengan pesat, Semua dapat memperoleh berbagai informasi di dalamnya baik informasi dari dalam negeri maupun luar negeri, semua dapat melihat perkembangan teknologi dengan mengunjungi situs - situs yang ada. Internet menjadi sarana yang sangat populer saat ini karena internet menyediakan berbagai informasi yang tidak terbatas. Internet bukan saja hanya digunakan sebagai sarana pendidikan dan hiburan, tetapi juga digunakan untuk mencari hiburan seperti mendengarkan musik serta melihat video melalui streaming.

Namun fungsi komputer bukan hanya untuk mencari informasi dan yang lainnya saja namun teknologi sekarang telah dapat menjadi sarana hiburan bagi semua orang, contohnya seperti hiburan dalam dunia music, dalam Tulisan Ilmiah ini penulis akan mencoba untuk membuat Aplikasi Pemutar Audio Dan Video Player Menggunakan Microsoft Visual Basic 2010 Express atau sebuah aplikasi yang dapat memainkan dan menjalankan musik mp3 ataupun video dengan format file Mp3, Avi, Flv, 3gp.

Penulis membuat aplikasi ini dengan menggunakan Microsoft Visual Basic 2010 express, dengan adanya aplikasi ini penulis berharap agar seseorang dapat mendengarkan audio serta video favoritnya dan dapat menjadi salah satu sarana untuk menghilangkan kejenuhan pada saat bekerja. Penulis menggunakan format Mp3, Avi, Flv, dan 3gp karena hampir kebanyakan file audio dan video menggunakan format ini serta agar dapat memudahkan seseorang dalam memutar audio dan video dalam satu aplikasi tanpa harus membuka aplikasi yang lain sehingga memudahkan seseorang dalam penggunaannya.

1.2 Batasan Masalah

Dalam Tulisan Ilmiah ini penulis akan membatasi masalah bagaimana membuat aplikasi Pemutar Audio dan Video Player dapat memainkan dan menjalankan musik mp3 maupun video dengan format file Mp3, Avi, Flv, 3gp. Pada format audio penulis menggunakan format mp3 karena format tersebut lebih ringan sizenya dibandingkan dengan format yang lain serta dapat menghemat data penyimpanan dalam storage, sedangkan untuk format video penulis menggunakan format AVI, Flv, dan 3gp dikarenakan formatan ini sering digunakan dan di jumpai dalam video. Penulis mencoba untuk membuat aplikasi Audio dan Video Player ini menggunakan Microsoft Visual Basic 2010 Express.

1.3 Tujuan Penulisan

Penulis mencoba membuat aplikasi Audio dan Video Player ini menggunakan Microsoft Visual Basic 2010 express. Dan aplikasi ini digunakan untuk memutar atau menjalankan file musik serta video dengan format seperti Mp3, Avi, Flv, 3gp di dalam komputer serta memudahkan seseorang ketika memutar file musik serta video dalam dalam satu aplikasi tanpa harus membuka aplikasi yang lain.

1.4 Metode Penelitian

Pada penulisan ini, penulis menggunakan metode penelitian yang dilakukan dengan cara:

a. Studi Pustaka :

Mempelajari buku-buku dan dasar-dasar teknik pemrograman pada Microsoft Visual Basic 2010 Express.

b. Studi Lapangan :

1. Perancangan aplikasi dengan tampilan yang sederhana agar mempermudah seorang dalam menggunakannya.

2. Pembuatan aplikasi menggunakan Microsoft Visual Basic 2010 Express serta memasukkan code sehingga aplikasi dapat dijalankan.

3. Melakukan uji coba pada Aplikasi Pemutar Audio dan Video Player yang telah dibuat.

1.5 Sistematika Penulisan

Untuk memperjelas gambaran umum dari bab ke bab isi dari Tulisan Ilmiah ini, penulis membuat suatu sistematikanya terdiri dari :

Bab 1 Pendahuluan

Merupakan pendahuluan yang menguraikan pokok persoalan yang terdiri dari Latar Belakang Masalah, Batasan Masalah, Tujuan Penulisan, Metode Penelitian dari Tulisan Ilmiah ini, dan Sistematika Penulisan

Bab 2 Landasan Teori

Dalam bagian ini berisikan landasan teori yang dipakai oleh penulis dalam pembuatan aplikasi ini, akan mengemukakan tentang pengertian Aplikasi Pemutar Audio Dan Video Player menggunakan Microsoft Visual Basic 2010 Express dan konsep dalam pembuatan aplikasi pemutar Audio Dan Video Player.

Bab 3 Pembahasan Masalah

Dalam bagian ini menggambarkan pembuatan aplikasi, rancangan aplikasi yang dibuat dengan Microsoft Visual Basic 2010 express. Serta perancangan Output dan cara meng-compile dan cara menjalankan aplikasi Audio dan Video Player yang dibuat oleh penulis, serta persyaratan minimum komputer untuk menggunakan Microsoft Visual Basic 2010 Express.

Bab 4 Penutup

Bagian ini merupakan bab penutup, yang berisi kesimpulan dari penulis berdasarkan proses pembuatan Audio dan Video Player.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar